Tugas Orang Tua Sebagai Pendidik

foto: speakerq.com

Saat seorang anak diserahkan ke sekolah, maka sebagian tugas pendidikan beralih ke sekolah dan guru-gurunya. Namun demikian, bukan berarti tanggung jawab itu berpindah secara total. Tidak. Orang tua tetaplah penanggung jawab utama pendidikan anaknya. Oleh karena itu, partisipasi orang tua dalam pendidikan sangat diperlukan.

Sekolah sudah menetapkan tujuan dan target pendidikan. Sebagai pihak yang bersama-sama memikul tanggung jawab, orang tua dan sekolah harus sepaham dan sepakat mengenai tujuan dan target tersebut. Jangan sampai sekolah ingin ke Surabaya, orang tua ingin ke Jakarta atau ke Jayapura. Ini problem.

Setidaknya, selama di rumah, orang tua harus berusaha menciptakan kondisi di rumah agar mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang diterima anak di sekolah. Di sekolah anak mengaji dan menghafal Al-Qur’an, di rumah anak juga dikondisikan agar memiliki waktu cukup untuk mendengar tilawah dari speaker Al-Qur’an atau kaset muratal. Orang tua mengontrol tugas-tugas sekolah yang harus dikerjakan anak di rumah,serta mewajibkan diri untuk menyimak hafalannya. Orang tua juga memberi contoh dalam mengaji, mengajak shalat di masjid, membiasakan diri berbicara serta berperilaku baik di hadapan anak, dan sebagainya. Jadi terjadi kesinambungan antara pendidikan di sekolah dan di rumah.

Janganlah orang tua membiarkan hal-hal yang merusak bangunan pendidikan. Jaga agar lagu-lagu dan musik-musik yang tidak mendidik tidak terdengar oleh telinga anak. Jaga agar anak tidak kecanduan game dan acara televisi. Selain membuang-buang waktu, semua hal negatif tersebut akan menghancurkan bangunan pendidikan yang dengan susah payah dibangun oleh guru.

Kapan sebuah bangunan bisa selesai sempurna? Jika engkau membangun, sedangkan orang lain merobohkannya.

Wallahu a’lam.

Posted by Dedi Fadilah ibnu Zubair

WAG Sahabat Bilal bin Rabah (Akhwat) WAG Sahabat Masjid at-Tauhid (Ikhwan) Daftar : 0878 7400 3722 Join telegram channel @sahabatibnuzubair

Website: http://www.attauhid.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *