Intisari Tauhid: Hikmah Penciptaan Jin dan Manusia

 

ibadah

Allah Ta’ala berfirman:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ
“Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia, kecuali agar mereka beribadah kepada-Ku.” [Adz-Dzariyat: 56]

Allah Ta’âlâ mengabarkan bahwa Allah tidaklah menciptakan jin dan manusia, kecuali agar mereka beribadah kepada-Nya. Maka ayat ini adalah penjelasan tentang hikmah penciptaan manusia dan jin. Allah tidak menginginkan apapun dari mereka sebagaimana keinginan seorang tuan dari budaknya, berupa bantuan rezeki dan makanan. Yang Allah inginkan justru kemaslahatan buat mereka.

Faedah Ayat

1. Kewajiban mengesakan ibadah kepada Allah bagi seluruh makhluk: jin dan manusia.

2. Penjelasan tentang hikmah penciptaan jin dan manusia.

3. Bahwa Sang Penciptalah yang berhak mendapatkan peribadahan, bukan selain-Nya yang tidak menciptakan. Ini merupakan bantahan terhadap penyembah berhala dan selainnya.

4. Penjelasan bahwa Allah Subhânahu wa Ta’âlâ tidak membutuhkan makhluk-Nya dan (penjelasan tentang) butuhnya para makhluk kepada Allah, sebab Dia-lah Yang mencipta, sedang mereka adalah yang diciptakan.

5. Penetapan adanya hikmah dalam setiap perbuatan-Nya Subhânahu wa Ta’ala.

[Diringkas dari Kitab Penjelasan Ringkas Kitab Tauhid karya Syaikh Shalih Al-Fauzan]

Posted by Redaksi Attauhid

catatanfaidah.com adalah media informasi dan dakwah Islam dalam rangka menyebarkan agama islam sehingga lebih banyak manusia yang bisa merasakan manisnya iman diatas islam. ------------------------------------------- WAG Catatan Faidah (Ikhwan) Admin : 0813 1116 6619 WAG Sahabat Bilal bin Rabah (Akhwat) Admin : 0851 0062 3794 http://www.catatanfaidah.com

Website: http://catatanfaidah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *