Do’a yang Mencakup dan Menyeluruh

doa2

Dari ‘Aisyah — radhiyallahu ‘anha — berkata, ‘Nabi — shallallahu ‘alaihi wa sallam — datang kepadaku ketika aku sedang shalat. Saat itu beliau ada hajat, namun aku lambat memenuhinya. Maka beliau bersabda,
“Wahai ‘Aisyah, hendaknya engkau (memilih) doa yang menyeluruh dan mencakup.”

Setelah aku selesai (dari shalat), aku bertanya, “Wahai Rasullullah, apakah itu doa yang menyeluruh dan mencakup?”

Rasulullah — shallallahu ‘alaihi wa sallam — bersabda : ” Ucapkanlah :

(( اللهم إنَّي أسألُـك من الخيرِ كلِهِ عاجلِهِ وآجلِهِ ما علمتُ منه وما لم أعلم ، وأعوذُ بك من الشرِ كلِهِ عاجلِهِ وآجلِهِ ما علمتُ منه وما لم أعلم ، وأسألُـك الجنةَ وما قرَّب إليها من قولٍ أو عمل ، وأعوذُ بك من النار وما قرَّب إليها من قولٍ أو عمل .. وأسألُـك مما سألَـك به عبدُك ونبيُك محمد ﷺ وأعوذُ بك مما تعوذَ منه عبدُك ونبيُك محمد ﷺ وما قضيتَ لي من قضاءٍ فاجعلْ عاقبتَهُ رشدًا ))

“Ya Allah aku memohon kepada-Mu kebaikan semuanya, yang cepat (di dunia) maupun yang nanti (di akhirat), baik yang aku ketahui maupun yang tidak aku ketahui.
Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan semuanya, yang cepat (di dunia) maupun yang nanti (di akhirat), baik yang aku ketahui maupun yang tidak aku ketahui.
Aku memohon kepada-Mu jannah (surga) dan segala yang mendekatkan kepadanya baik ucapan maupun perbuatan. Aku berlindung kepada-Mu dari neraka dan segala yang mendekatkan kepadanya baik ucapan maupun perbuatan.
Aku memohon kepada-Mu apa yang dimohon oleh hamba-Mu dan Nabi-Mu Muhammad — shallallahu ‘alaihi wa sallam — . Aku berlindung kepada-Mu dari apa yang berlindung darinya hamba-Mu dan Nabi-Mu Muhammad — shallallahu ‘alaihi wa sallam — .
Segala qadha’ yang telah Engkau tentukan untukku maka jadikanlah akibatnya adalah bimbingan (kepada kebenaran).”

HR. al-Bukhari dalam “al-Adab al-Mufrad” no. 639, dishahihkan oleh al-Albani, lihat ash-Shahihah no. 1532

Posted by Dedi Fadilah ibnu Zubair

WAG Sahabat Bilal bin Rabah (Akhwat) WAG Sahabat Masjid at-Tauhid (Ikhwan) Daftar : 0878 7400 3722 Join telegram channel @sahabatibnuzubair

Website: http://www.attauhid.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *